Peluang Perempuan Berusia 30-an Mencari Jodoh



Sering denger ga pepatah yang mengatakan kalo kaum pria itu tua-tua keladi alias makin tua makin jadi. Atau pepatah lain yang bermaksud sama dengan mengatakan pria terlihat makin mantab seiring bertambahnya usia. Sehingga, sepertinya bisa dikatakan bahwa tidak ada batasan usia untuk para pria dalam berburu mencari pasangan. Makanya ga heran kalau disekeliling kita banyak terlihat pasangan dengan perbedaan usia yang cukup jauh, dimana sang pria berusia lebih tua dari si wanita. Malah hal ini seakan menjadi semacam kebiasaan tak tertulis yang berlaku di masyarakat kita bahwa dalam perkawinan itu sebaiknya sang suami atau sang pria berusia lebih tua dengan tujuan dapat melindungi serta mengayomi sang istri dan anak-anaknya.

Sedangkan untuk kita, kaum wanita, juga sangat familiar dengan pameo yang mengatakan "mau ga mau, terpaksa enggak terpaksa, diakui maupun tidak, perempuan itu dibatasi oleh jam dan fungsi biologisnya" yang dalam hal ini mungkin dapat kita hubungkan dengan satu karunia penting dari Tuhan untuk wanita yaitu karunia untuk mengandung dan melahirkan anak-anak. Fungsi reproduksi yang sangat dibatasi oleh umur inilah yang tidak langsung menggulirkan satu persepsi bahwa ada batasan usia untuk menikah bagi para wanita.

Fenomena lain yang lagi heboh dinikmati oleh para wanita seperti keasyikan bekerja, mengejar karir, feminisme, juga turut membuat pernikahan semakin menempati urutan terbawah dalam list prioritas hidup setiap perempuan urban. Sehingga, tak terasa ketika alarm biologis itu pun berdenting mengingatkan si perempuan akan kodratnya yang OH MY GODDDD.....sayangnya alarm itu kok terlambat berdering?? Kenapa baru berdering ketika usia telah menginjak kepala 3?? Dan....rasa was-was, antusias, terburu-buru yang kali ini tujuannya bukan lagi karir, bukan lagi uang, bukan lagi eksistensi materialisme lainnya, tapi lebih khusus lagi tujuannya adalah Mencari Jodoh he...he....

Mungkin banyak kaum wanita, apalagi yang berstatus urban, kosmopolitan, well-educated dengan tenang dan santai akan berkomentar "Emangnya Gw Pikirin" atau "So What Gitu Loh" ketika ditanyakan pertanyaan atau mendengar pernyataan yang intinya sama "Waduh umur kamu udah 30-an loh...cepetan toh cari pacar, cari suami, menikah....ga gampang loh buat perempuan umur kamu itu dapat pasangan...waduh cepetan toh nduk".

Ha...ha...jujur, gw pun berkomentar sama loh setiap kali ada yang menanyakan pertanyaan serupa. Tapi, lebih jujur lagi, ada lah terbersit sedikit kekhawatiran maupun perasaan malas untuk mencari pasangan hidup seiring bertambah tua-nya usia ku ini. Semakin jujur, walaupun dengan yakin diriku berpendapat masih pengen dan masih butuh kok seorang lelaki untuk mendampingiku mengarungi sisa hidup di dunia ini namun di hal lain, meski masih kepengen untuk berhubungan serius dan menikah kembali, kok sepertinya tidak lah lagi menjadi prioritas hidup....ya tadi itu karena merasa males mencari atau apalah lagi faktor penyebab lainnya.

But well, for my ladies friend out there who might have the same problems with me...You are single, already thirty something and looking he..he..no ever worries at all deh. Don't ever think like myself, don't ever think that you have became old and now the dating game is over for you. The dating game is not just a game show; in fact it is a fact of life for those who are seeking a long-term and fulfilling relationship. Instead of wondering how we will confront the very fact that there is only a limited supply of men that can actually meet up our high standards and expectation, we should feel proud of ourselves that now we have more knowledge as to what kind of relationship we are comfortable with as opposed to ten years ago where we did not even have an idea about ourselves. And in 30’s this is one of the most important aspect of finding a perfect relationship as by now we know who we are, where we are and most importantly we can say whom we want to bring along for the rest of our life. So all we have to do is that always learn from our past, enjoy life, be proud of ourselves, and keep ready plus be excited in waiting our special moment when it comes in our way:)