Bangga dan Cinta Indonesia



Kamu tau ga kalo Indonesia itu:
1. Merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau (termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni). Dan Indonesia mempunyai 3 pulau dari 6 pulau terbesar didunia, yaitu Kalimantan (pulau terbesar ketiga di dunia dgn luas 539.460 km2), Sumatera (473.606 km2) dan Papua (421.981 km2.

2. Merupakan Negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia.

3. Merupakan Negara dengan suku bangsa yang terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis, dimana di Papua saja terdapat 270 suku. Dengan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti “Meskipun berbeda-beda, tapi tetap satu!” kutipan tersebut ‘membangunkan’ kita agar lebih bangga dengan Indonesia. Mengapa begitu? Penduduk Indonesia seb anyak 231 juta jiwa dan tersebar di 33 provinsi. Dengan rata-rata setiap provinsi terdiri dari 7 juta jiwa, tentunya membuat Indonesia sangat beragam. Keberagaman, baik fisik maupun non fisik, membuat kita tidak boleh terbelenggu hanya pada perbedaan. Diluar dari perbedaan-perbedaan tersebut, kita semua tetap dalam tudung bangsa Indonesia, kita adalah bagian dari peradaban bangsa Indonesia yang memiliki satu tekad dan tujuan demi terselenggaranya kemerdekaan Indonesia.Motto atau semboyan Indonesia tersebut, merupakan Frasa yang berasal dari bahasa jawa kuna. Disamping itu, semboyan ini pun terdapat dalam Pancasila yang merupakan dasar negara dari NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

4. Negara dengan bahasa daerah yang terbanyak, yaitu, 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia, sehingga bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional mempunyai begitu banyak artikulasi yang sangat menolong kita untuk mempelajari bahasa lain.

5. Monumen Budha (candi) terbesar di dunia adalah Candi Borobudur di Jawa Tengah dengan tinggi 42 meter (10 tingkat) dan panjang relief lebih dari 1km. Diperkirakan dibuat selama 40 tahun oleh Dinasti Syailendra pada masa kerajaan Mataram Kuno (750-850).

6. Tempat ditemukannya manusia purba tertua di dunia, yaitu Pithecanthropus Erectus'¬ yang diperkirakan berasal dari 1,8 juta tahun yang lalu.

7. Merupakan negara pertama yang lahir sesudah berakhirnya Perang Dunia II pada tahun 1945 yang mencatatkan Indonesia sebagai negara ke 70 tertua di dunia. Indonesia juga tercatat sebagai negara pertama dan satu-satunya yang pernah keluar dari PBB pada tanggal 7 Januari 1965, menunjukkan Indonesia adalah negara yang mempunyai sikap.



8. Kekayaan Indonesia yg menyebabkan bangsa kita tidak pernah sepi dari ancaman bangsa lain yg ingin merebut kekayaan kita. Berabad-abad yg lalu, bangsa kita dijajah karena kekayaan alamnya. Saat ini pun, bangsa kita tak pernah lepas dari lirikan penjajah (dengan metode lain, tentu saja) masih karena kekayaan yg sama. Klaim batas wilayah ? tentu saja karena laut kita tempat hidup milyaran ikan. Tanah dan pulau ? Mereka tentu mencium bau minyak, intan, aspal, dll dsb di sana. Saking kayanya bangsa ini, kita jadi meremehkan kekayaan itu sendiri. Tidak menganggap hal itu sebagai kekayaan. Akibatnya, kita tidak peduli, karena bagi kita itu tidak kurang berharga. Bangsa ini perlu sadar akan kekayaannya, sehingga bisa peduli dan mau ikut mempertahankan kekayaan itu:
- Indonesia adalah penghasil gas alam cair (LNG) terbesar di dunia (20%dari suplai seluruh dunia) juga produsen timah terbesar kedua.
- Indonesia menempati peringkat 1 dalam produk pertanian, yaitu : cengkeh (cloves) & pala (nutmeg) dan peringkat kedua dalam karet alam (Natural Rubber) dan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil).
- Indonesia juga pengekspor terbesar kayu lapis (plywood), yaitu sekitar 80% di pasar dunia.
- Terumbu Karang (Coral Reef) Indonesia adalah yang terkaya (18% dari total dunia).
- Indonesia memiliki species ikan hiu terbanyak didunia yaitu 150 species.
- Biodiversity Anggrek terbeser didunia : 6 ribu jenis anggrek, mulai dari yang terbesar (Anggrek Macan atau Grammatophyllum Speciosum) sampai yang terkecil (Taeniophyllum, yang tidak berdaun), termasuk Anggrek Hitam yang langka dan hanya terdapat di Papua.
- Indonesia memiliki hutan bakau terbesar di dunia. Tanaman ini bermanfaat ntuk mencegah pengikisan air laut/abrasi.
- Binatang purba yang masih hidup : Komodo yang hanya terdapat di pulau Komodo, NTT adalah kadal terbesar di dunia. Panjangnya bias mencapai 3 meter dan beratnya 90 kg.
- Rafflesia Arnoldi yang tumbuh di Sumatera adalah bunga terbesar di dunia. Ketika bunganya mekar, diameternya mencapai 1 meter.
- Memiliki primata terkecil di dunia , yaitu Tarsier Pygmy (Tarsius Pumilus) atau disebut juga Tarsier Gunung yang panjangnya hanya 10 cm. Hewan yang mirip monyet dan hidupnya diatas pohon ini terdapat di Sulawesi.
- Tempat ditemukannya ular terpanjang di dunia yaitu, Python Reticulates sepanjang 10 meter di Sulawesi.
- Ikan terkecil di dunia yang ditemukan baru-baru ini di rawa-rawa berlumpur Sumatera. Panjang 7,9 mm ketika dewasa atau kurang lebih sebesar nyamuk. Tubuh ikan ini transparan dan tidak mempunyai tulang kepala.

Ke-delapan hal diatas hanyalah sekedar bonus bagi gw, bukan sebagai alasan utama kecintaan dan kebanggan gw menjadi WNI.Karena jika gw hanya bangga sebagai Indonesian hanya karena alasan kekayaan alam maka jika kekayaan alam tsb habis bisa jadi kebanggaan gw sebagai orang Indonesia juga ikut hilang. Bangga karena kekayaan budaya yang dimiliki? Tentu tidak! Karena jujur, gw tidak begitu mengenal seluruh budaya di Indonesia, dan sungguh aneh jika kita bangga dan mencintai sesuatu yang kita sendiri tidak cukup baik mengenalnya?? Apakah itu berarti hanyalah kebanggaan dan cinta semu semata??



Kebanggaan gw sebagai orang Indonesia itu, karena kemerdekaan negara kita itu direbut dengan darah, keringat, airmata, bahkan nyawa para pejuang. Bukan hadiah dari kolonialis, seperti kemerdekaan-nya Malaysia. Indonesia adalah negara satu-satunya di Asia yang berjuang untuk memerdekakan dirinya sendiri. Pejuang-pejuang kemerdekaan yang beragam suku, beragam agama, beragam ideologi, namun mempunyai satu visi yaitu anti kolonialisme dan anti imperialisme asing.

Dan betapa hebat dan jauh pemikiran pemimpin bangsa kita waktu jaman kemerdekaan dulu dalam merumuskan ideologi bangsa yang bernama"PANCASILA", yang bagi gw merupakan The best Ideologi In the World, dimana negara-negara asing lainnya yang mempunyai suku bangsa dan budaya banyak seperti Indonesia, belum mampu (hingga saat ini) untuk merumuskan ideologi pemersatu seperti Pancasila.

Diatas semua itu, gw bangga dan cinta Indonesia sebab Indonesia adalah rumahku, kampung halamanku dan juga tempat peristirahatan terakhir yang kuinginkan. Udara Indonesia lah yang kuhisap untuk bernafas, air Indonesialah yang kuminum dan tanah Indonesia lah yang memberiku nasi untuk dimakan. Indonesia adalah tempat di mana keluarga dan handai taulanku berada. Jauh dari sempurna memang, tapi dengan yakin seyakin-yakinnya gw tidak akan pernah ingin menukarnya dengan apa pun.

Gw tidak bermaksud mengecilkan, apalagi menghapus, segala keburukan yg sedang terjadi di negeri ini. Hanya saja begitu mudah banyak orang Indonesia sendiri sekarang melakukan hal-hal buruk yang menodai nama dan harkat martabat negara ini. Sangat mudah dan sangat banyak bahkan, sehingga sebagian orang Indonesia yang lain menjadi benci (dan menyesal) mengatakan dirinya sebagai warga negara bangsa Indonesia. Tidak banyak lagi orang yang benar-benar mencintai Indonesia, menghargai apa yang telah dilakukan oleh pendahulu kita. Padahal rasa cinta adalah alasan terkuat untuk peduli. Dimana, mudah-mudahan, kepedulian itulah yang akhirnya mampu membawa bangsa ini lepas dari keterpurukan dan mengembalikan harkat martabat negara Indonesia lebih tinggi (yahh minimal sejajarlah) dengan negara-negara lain di kancah Internasional. Yang akhirnya semua warga negara Indonesia dapat dengan bangga yang setulus-tulusnya mengatakan,"YA, SAYA BANGGA SEBAGAI ORANG INDONESIA."