Ani adalah potret muram Indonesia


Ani (bukan nama sebenarnya-red) adalah orang Indonesia asli. Selain dilahirkan dari rahim seorang Ibu yang berdarah Jawa dengan sponsor sperma dari seorang ayah yang berdarah padang, maka tidak bisa dipungkiri bahwa Ani dijamin benar-benar 100% asli orang Indonesia. Bukan hanya itu, tingkah-laku Ani itu sangat Indonesia sekali dan masalah utama yang membebani Ani sejak lama dan tak pernah selesai itu sama persis pula dengan masalah yang menimpa Indonesia. Ya apalagi kalo bukan masalah hutang.

Ani yang selalu menempatkan gengsinya diatas segala-galanya sangat pantang mendengar ada orang lain yang melebihi dirinya, apalagi kalo sampai melihat. Tanpa berpikir panjang dan melihat kemampuan, apapun Ani beli. Apapun yang dirasakannya bisa menaikkan 'derajatnya' di mata orang lain. Walaupun harus hutang. Bayarnya gimana?? Nanti aja dipikirin, itulah prinsip yang selalu Ani pegang. Rupanya Ani sangat berjiwa Indonesia. Ani selalu berpikir untuk 'one step ahead than others' , bukan untuk pencapaian prestasi namun untuk pencapaian prestise.

Ani seperti halnya Indonesia selalu megap-megap saking banyak hutangnya. Persis seperti Indonesia yang meminjam dari IMF dan organisasi Bank Dunia lainnya, Ani juga tak kalah ikut-ikutan minjem dari bank. Maka kian lama ekonomi Ani makin tak karuan adanya. Selain terus berdoa semoga Tuhan memberinya rejeki nomplok, dan mencari hutangan lain untuk 'Tutup Lobang Gali Lobang' maka bekerja keras adalah jalan keluar lainnya. Tapi....ah...sama seperti Indonesia, Ani malas untuk bekerja keras karena hasilnya tidak seberapa, tidak cepat, tidak sebanding dengan tenaga yang dikeluarkan alias pake capek pula.
Jadi itulah yang dilakukan Ani sehari-hari dalam hidupnya.

Tapi ada satu perbedaan Ani dengan Indonesia. Ani masih perawan ting-ting. Masih belum ada tanggungan karena tinggal dirinya sebatang kara di dunia ini, tidak ada sanak saudara. Jadi tidak seperti Indonesia yang rakyatnya jadi korban karena harus ikutan menanggung beban hutang. Minimal, tidak ada anak-anak yang putus sekolah dan kelaparan karena ulahnya.

Ani adalah potret muram Indonesia.