Dali and Zahra Goes to Medan:)


Alhamdulillah....setelah hampir 7 tahun ini, akhirnya aku berhasil membujuk anak-anak untuk menghabiskan liburan mereka dengan papa mereka di Medan sampai akhir minggu depan. Yah walaupun harus pake tahap 'negosiasi' (he...he...) alhamdulillah akhirnya anak-anak mau juga.

Cemburu ga Vie? Apalagi lo kan ga ikut, cuman sebatas mengantar aja kesana?

Cemburu ga ya???? Insya Allah sih ga lah, buat apa pake cemburu-cemburuan kalo itu tujuannya untuk kebaikan anak-anak. Memang Allah menitipkan anak-anak ini di rahimku untuk dilahirkan,tapi itu bukan lantas seakan-akan men-sahkan seorang ibu tunggal untuk mempunyai 'hak veto' atas anaknya.

Sekali lagi ini semua buat kebaikan anak-anak. Bagaimanapun mereka harus mengenal 'sebagian darah' yang mengalir di tubuh mereka. Mereka harus mengenal keluarga papanya. Untuk kemudian anak-anak dapat menerima atau tidak, itu adalah bagian lain dari proses, tergantung ke-intense-an komunikasi dan hubungan antara anak-anak dan keluarga papa mereka. Diriku hanya dapat 'membuka jalan' untuk itu, menjembatani silaturahim yang sempat buntu.



Selain untuk kebaikan anak-anak, dalam hal ini diriku juga bermaksud untuk memberikan kesempatan kepada papa mereka untuk menjalankan perannya dengan lebih mendalam sebagai seorang ayah. Diriku tidak mau berpikir,"Ah, mantan suami gw tidak akan bisa merawat anaknya dengan baik", karena diriku percaya kalau diriku meminta bantuan dan memberi kesempatan kepada papa mereka untuk menjalankan perannya sebagai orang tua, Insya Allah papa mereka kemudian akan menyadari bahwa ternyata dia juga bisa mengasuh dan mendidik anak-anaknya, menjadi orang tua yang baik bagi anak-anaknya.

Dan hal ini juga secara tidak langsung akan mengingatkan dan menumbuhkan rasa tanggung jawab sang mantan terhadap anak-anaknya, tanpa adanya paksaan dari diriku dan rasa keterpaksaan dari dirinya. Apalagi setelah melihat dedek Zahra langsung meng-upload poto-poto dirinya bersama keluarga papanya wah....Alhamdullillah, mudah-mudahan akan terus berjalan seperti ini:)